Wednesday 19 November 2014

Empat trik dan cara mendidik anak yang baik.


Empat trik dan cara  mendidik anak yang baik. Menikah dan punya anak adalah impian semua pasangan. Dalam berumah tangga tentunya banyak tantangan yang harus dihadapi, mulai dari keharmonisan  dengan suami/istri, keharmonisan dengan mertua,terutama  keharmonisan orang tua dengan anak serta komitmen menjadi orang tua yang baik. Menjadi orang tua dan memiliki anak adalah berkat yang luar biasa dari Tuhan, Menjadi orang tua  membutuhkan tingkat kesabaran yang tinggi dalam hal mendidik anak. Memberikan pengorbanan akan waktu serta tenaga menjadi komitmen yang harus disiapkan oleh mereka.
Keinginan orang tua tentunya bisa suksss dalam mendidik anak, Orang tua selalu berkeinginan anak -anaknya bisa menjadi kebanggaan keluarga , memiliki anak dengan kepribadian baik , cerdas , mandiri serta berkarakter . Namun tidak banyak orang tua yang gagal dalam mendidik anak ,apa yang di harapkan orang tua terhadap anaknya terbalik 180 derajat. Menjadikan anak seperti yang kita inginkan memang tidaklah mudah, tentu ada trik dan cara-caranya. Salah menerapkan cara mendidik anak tentunya hasilnya juga pasti tidak baik.

Berikut ini  empat trik dan cara mendidik anak secara baik :

* Orang tua harus memberikan rasa aman dan selalu waspada

Seorang anak mulai dari balita sampai remaja membutuhkan perhatian yang sangat khusus, sebab saat mereka berusia muda belum dapat dengan jelas membedakan mana yang baik atau yang tidak baik, serta tidak dapat mendeteksi sesuatu yang buruk akan terjadi. Untuk itulah kehadiran orang tua  harus bisa memastikan  anak - anak mereka  berada dalam keadaan yang aman, serta tetap menjaga mereka dari hal-hal buruk yang berada di sekitar mereka.

Harus diperhatikan dan diingat, Pada saat kondisi dan tingkah laku anak tiba tiba berubah dari kebiasaannya, misalnya  anak anda tiba-tiba diam atau agresif, itu tandanya mereka sedang berusaha untuk memberi tahu sesuatu kepada anda, Karena itu kenali anak anda dan tetaplah untuk selalu membuka mata dan waspada akan segala kemungkinan perubahan anak anda. Untuk dapat mengenali diri dan karakter anak tentunya orangtua harus mampu menciptakan kedekatan terhadap anak . Orang tua harus bisa memberikan sedikitnya 15 menit dalam sehari untuk melakukan komunikasi dan menciptakan kedekatan anak terhadap orang tua.

* Lakukan komunikasi dengan guru sekolahnya

Seperti yang anda ketahui, selain lingkungan dan keluarga / dirumah sekolah adalah tempat mendidik dan membentuk karakter anak. Menciptakan hubungan baik dan berkomunikasi dengan guru sekolah akan membantu Anda untuk mendapatkan informasi tentang prilaku dan perkembangan anak. Guru dari sekolah tempat anak anda belajar bisa  memberikan informasi  tentang segala perilaku yang dilakukan anak-anak Anda di sekolah, Guru dapat juga  memberikan solusi ataupun masukan kepada orang tua  apabila terjadi perubahan perilaku dan sikap dari diri anak anda.

* Biarkan anak berinteraksi dan Bersosialisasi

Tidak dapat dipungkiri salah satu yang menyebabkan kegagalan dalam mendidik anak adalah adanya pengekangan terhadap anak. Terlalu membatasi pergaulan anak yang sedang tumbuh akan merusak kemampuan mereka untuk bersosialisasi dengan lingkungannya. Sebaiknya orang tua memberikan harus dapat menjamin untuk dapat memberikan kebebasan anak untuk berinteraksi dengan lingkungan dan bersosialisasi kepada teman teman seusia bahkan kepada orang yang lebih tua dari dia. Saat anak berinteraksi dan bersosialisasi terhadap orang orang disekitarnya akan membantu anak dalam mengembangkan diri serta membentuk karakternya secara alami. Peran orang tua adalah mengontrol dan mengarahkan anak bagaimana cara bersosialisasi yang baik terhadap orang orang disekitarnya.

Membantu anak menjadi pribadi yang mandiri

Orang tua harus mampu mengajarkan serta menanamkan sifat kemandirian kepada anak. Membentuk kepribadian mandiri terhadap anak harus dimulai dari dini, sehingga mereka dapat memahami secara pribadi bahwa mampu melakukan segala hal secara mandiri adalah hal yang penting dalam kehidupannya. Selain itu kemampauan anak untuk mandiri akan membentuk kepercayaan diri yang tinggi bagi anak , karena anak tidak lagi harus tergantung kepada orang lain.

Sekian artikel Empat cara dan trik dalam mendidik anak yang baik. baca juga Peran Keluarga untuk bangsa semoga bermanfaat bagi saya dan anda.

No comments:

Post a Comment