Thursday 31 March 2016

5 Makanan Yang Meningkatkan Produksi ASI

5 Makanan  yang meningkatkan Produksi ASI
5 Makanan Penting meningkatkan Produksi ASIASI merupakan sumber asupan yang sangat sempurna buat bayi.  Pemberian ASI eksklusif mampu membantu meningkatkan imun pada bayi untuk mencegah penyakit, mendukung kemampuan bayi anda untuk tumbuh,meningkatkan daya rangsang , serta kemampuan  berbicara . Dan yang paling utama adalah dengan menyusi anak  seorang ibu akan merasakan ikatan yang lebih kuat dengan bayinya.
Perlu diketahui juga , selain bermanfaat bagi bayi  Menyusui juga bermanfaat  bagi sang ibu yang meberikan ASI kepada bayinya.  Diantanya adalah, membantu mencegah kanker payudara dan ovarium, Banyak Ibumenyusui tidak mampu memberikan ASI ekslusif pada bayinya karena terkendala produksi ASI sang ibu sedikit.  Namun anda tidak perlu kwatir atau takut bila Produksi ASi anda mulai menurun. Karena  Indonesia kaya akan tanaman dan sayuar-sayuran  yang memiliki efek laktagogum. Laktagogum merupakan zat yang dapat meningkatkan dan melancarkan produksi ASI

Ingin Meningkatkan Produksi dan kualitas ASI, konsumsilah 5 makanan ini :
1.  Daun Katuk
Daun katuk  telah digunakan secara turun temurun untuk meningkatkan ASI. Karena kandungan laktagagum  pada daun katuk mampu meningkatan produksi ASI, Selain meningkatkan Produksi ASI, mengkonsumsi daun katuk  dapat meningkatkan kadar prolaktin yang berguna untuk menjaga kesehatan anda. Yang perlu diingat adalah mengolah atau memasak daun katuk haruslah dengan benar yaitu memasaknya tidak boleh terlalu matang. Karena bila terlalu matang justru gizi serta nutrisi yang terkandung di dalam daun katuk akan hilang.
2.  Bayam
Bayam merupakan salah satu dari sekian banyak sayuran hijau . sayuran hijau memiliki  sumber vitamin yang banyak dibutuhkan oleh tubuh kita. Contohnya adalah bayam. Dalam bayam terdapat kandungan Vitamin B6,Protein,Asam Float serta kalsium. Sehingga Bayam merupakan makanan penting untuk meningkatkan Produksi Asi .  
3.  Kacang mente dan Kacang kedelai
Mengkonsumsi Kacang-kacangan merupakan hal yang wajib buat ibu hamil dan menyusui. Karena selain berprotein kacang-kacangan juga mampu menigkatkan Produksi ASI bagi ibu yang menyusui.  Contoh dari kacang-kacangan yang mampu meningkatkan Produksi ASI adalah  Kacang Mente dan kacang kedelai. Anda bisa menjadikan kacang-kacangan ini menjadi cemilan yang menyehatkan dan bermanffat buat  Ibu menyusui.
4.  Daun Ubi Jalar dan Wartel
Ubi jalar dan Wartel merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung beta karoten yang mampu meningkatkan produksi ASI . Sedangkan pada daun ubi jalar terkandung zat laktagogum berfungsi untuk   membantu  meningkatkan produksi ASI. Selain itu  daun ubi jalar juga mengandung  karotenoid dan zat besi.
5.  Daun Bangun bagun
Tanaman ini ditemukan hampir di seluruh wilayah Indonesia dengan berbagai nama yang berbeda, di Jawa Tengah disebut daun cumin, Orang Sunda menyebutnya daun ajeran, di Madura disebut daun kambing dan di Bali disebut daun Iwak. Di suku Batak, Sumatra Utara sendiri disebut sebagai daun bangun-bangun atau torbangun
Daun bangun-bangun merupakan tanaman yang tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia, Afrika dan India. Daun bangun bangun daunnya memiliki aroma tertentu sehingga dikenal sebagai tanaman aromatic.  Pada Daun bangun-bangun terdapat kandungan zat besi, kalium, seng, dan magnesium dalam ASI.  Oleh Nenek Moyang kita terdahulu  konsumsi daun bangun-bangun dipercaya dapat  meningkatkan dan mengembalikan stamina ibu, meningkatkan produksi ASI, membersihkan daerah rahim
Selain 5 makanan diatas , ada satu  lagi yang tidak kalah pentingnya untuk dikonsumsi dalam meningkatkan Produksi ASi yaitu Bawang Putih. Dimana Penelitian telah membuktikan bahwa ketika seorang ibu menggunakan bawang putih dalam masakannya dapat meningkatkan Produksi  ASI.  ASI.
Demikianlah sedikit informasi yang bisa saya bagikan untuk anda dalam 5 Makanan Penting yang meningkatkan Produksi ASI. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment